Si Kaku Yang Bisa Tampil Gaya Bagian 2

Dulu ia dibuang dan tak bertuan. Kini, ia bersolek dan mampu memberi tampilan keren pada hunian. Bahkan, bisa jadi tren di seluruh dunia.

MEMBUAT KONTAINER SEJUK

Kontainer merupakan sebuah material yang terbentuk dari baja. Baja memiliki sifat sebagai pengantar panas yang baik (konduktor). Jadi bisa Anda bayangkan, berapa suhu rumah kontainer bila suhu rata-rata di Indonesia pada siang hari saja mencapai 33°C-36°C, maka suhu di dalam kontainer bisa mencapai 50°C-60°C. Oleh sebab itu , Ricky menyarankan untuk mengolah kontainer dengan benar. Salah satu acranya adlah dengan menggunakan insulator penahan panas. Ada dua insulator yang disarankan, yakni insulator dari luar dan insulator dari dalam.

Anda bisa mengaplikasikan dua sistem ini sekalugus untuk mengurangi hawa panas masuk ke dalam ruang kontainer. Insulator yang diaplikasikan di area luar adalah berupa cat eksterior yang memiliki kemampuan untuk menolak sinar UV (UV protection coating). Cat ini dilapisi di area atap kontainer. Sementara itu, insulator dari dalam memiliki dua pilihan, yakni polyurethane dan rockwool (glasswool). Menurut Ricky, Insulator polyurethane memiliki density (tingkat kerapatan) sebesar 40%, sedangkan rockwool hanya 25%. Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk menggunakan sistem insulasi berbahan polyurethane, walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Polyurethane dapat diaplikasikan dengan cara disemprotkan secara merata pada bidang dinding kontainer. Ketebalan polyurethane dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu, dinding diberi rangka besi hollow untuk rangka penutup dinding yang akan digunakan, misalnya plywood, papan, atau multipleks. Tahap selanjutnya, dinding diberi pelapis berupa wallpaper atau keramik.

“Dengan adanya material insulasi, panas yang jatuh menerpa dinding baja bisa ditolak sehingga suhu ruang di dalam kontainer bisa menjadi 32°C-35°C, kata Ricky. Nah, untuk mendapatkan suhu ruang yang lebih sejuk, Anda bisa menambahkan jendela di dinding kontainer atau menggunakan AC. Suhu ruang kontainer yang dilengkapi AC bisa mencapai 23°C-25°C. Sebaliknya, bila tak dilengkapi AC, insulator hanya dapat menurunkan beberapa derajat, dari yang semula 55oC menjadi 25oC. Untuk lantai, Anda bisa melapisinya dengan parket, karpet, vinyl, atau keramik.

Dan yang perlu lagi adalah genset sebagai sumber listrik alternatif. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Suplier resmi Jual Genset Bali yang bergaransi resmi serta memberikan diskon harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *