Penokohan mendalam

Pemain memang hanya diberikan satu karakter bernama John Shepard. Kenyataannya, pemain diberikan kebebasan untuk mengatur tampilan karakter, bahkan sampai mengganti jenis kelamin. Ya, pemain bisa memainkan Shepard sebagai seorang pria dan wanita. Pilihan ini nantinya berpengaruh terhadap jalan cerita serta jenis interaksi dengan karakter lainnya. Layaknya game role-playing, pemain tidak akan menyelamatkan dunia sendirian.

Shepard akan bertemu dengan ras lainnya, beberapa diantaranya akan menjadi pengikut setia Shepard. Uniknya, setiap karakter memiliki kisah hidup yang cukup menarik untuk ditelusuri. Tingkat kesetiaan setiap anggota party sangat bergantung pada seberapa besar peranan Shepard dalam membantu mereka menyelesaikan masalah. Interaksi juga menjadi nilai penting dalam menjaga hubungan dengan setiap karakter. Bahkan, pemain juga dapat melakukan hubungan seksual dengan anggota party yang sudah “sehati” dengan Shepard.

Penokohan yang mendalam di setiap karakter menjadi salah satu kelebihan Mass Effect. Anggota party yang setuju dengan pemikiran Shepard akan menjadi anak buah yang tidak akan pernah keberatan dengan semua keputusan yang Shepard ambil. Mereka juga sangat mengutamakan penyelesaian permasalah secara damai. Di sisi lain, karakter yang tidak mendapatkan perlakuan baik dari Shepard akan memiliki daya tempur yang lebih tinggi, tetapi cenderung untuk bertindak seenaknya. Karakter semacam ini lebih suka menyelesaikan masalah dengan cara kekerasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *