Mass Effect Action RPG yang Istimewa

Latar waktu futuristik

Mass Effect merupakan game yang menggunakan konsep role-playing secara utuh. Salah satu keistimewaan yang dimilikinya adalah penggunaan latar waktu. Jika game RPG pada umumnya menggunakan latar waktu zaman pertengahan yang identik dengan pedang, perisai, kuda, kastil, dan sihir, Mass Effect menjadi game dengan latar waktu futuristik yang akan membawa pemain bertualang di luar bumi. Dikisahkan bahwa manusia menemukan artefak misterius di planet Mars. Artefak ini rupanya membuka tabir teknologi manusia yang saat itu masih terbatas, sehingga akhirnya mereka bisa menjelajah galaksi yang letaknya di luar tata surya.

Sebagai akibatnya, manusia bertemu dengan makhluk hidup lain dengan tingkat kecerdasan yang sama, bahkan ada juga makhluk yang lebih cerdas dari manusia. Dari interaksi inilah manusia mengalami kemajuan teknologi yang sangat pesat. Pemain berperan sebagai John Shepard, salah satu komandan yang bertuga untuk menghentikan The Reapers, ras makhluk hidup berukuran raksasa (sama besarnya dengan kapal induk ruang angkasa) yang mengklaim bahwa mereka adalah sang pencipta dari semua kehidupan. Kembalinya The Reapers berarti hancurnya kehidupan alam semesta. Oleh karena itu, manusia bekerja sama dengan ras lainnya untuk menemukan apapun yang bisa menjadi petunjuk untuk menghentikan invasi mereka.

Semua petunjuk yang di dapat rupanya mengarahkan mereka kepada ras pertama yang hidup di alam semesta, Prothean. Ras yang sudah punah ini sebenarnya telah menemukan cara untuk menghentikan invasi The Reapers, sayangnya waktu yang tersedia tidak cukup untuk menjalakannya. Manusia dan ras lainnya memiliki kesempatan untuk menjalankan solusi yang dimiliki oleh Prothean, tetapi harus ditebus dengan nyawa yang tidak sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *