Rumah Rapi, Barang Mudah Dicari Bagian 2

Ya, barang yang dikelola dan disimpan dengan baik membuat Anda bisa menemukan kembali dengan mudah barang yang Anda butuhkan. Tak hanya Anda, orang lain yang tinggal bersama Anda pun bisa dengan mudah menemukannya. Enira, yang juga seorang ibu rumah tangga, menceritakan pengalamannya. Ia pernah menyimpan barang dan kemudian suaminya tak menemukannya. Akhirnya, sang suami pun harus mencari barang tersebut cukup lama dan berkalikali menelponnya. Tentu membuat keadaan jadi tak tenang, kan?

BARANG PERLU “RUMAH”

Tapi perlu diingat, pengelolaan ini hanya bisa berjalan dengan baik bila aturan utama dijalankan, yaitu: disiplin. Disiplin dalam meletakkan barang sesuai tempat yang sudah Anda siapkan, disiplin dalam berbelanja, dan disiplin dalam membuang yang tidak perlu. Ayu Setyowati, salah seorang arsitek yang pernah tinggal di Jepang, bercerita jika di sana semuanya serba sempit, sehingga penyimpanan menjadi hal krusial. Itu sebabnya, semua hal di Jepang dibuat agar mudah disimpan. Tempat tidur, sandal, benda-benda lainnya dibuat bisa dilipat sehingga mudah disimpan.

Selain itu, orang Jepang sangat menghargai barang yang mereka punya, sehingga mereka menyimpannya dengan sangat rapi. “Rapi itu bisa dimulai karena kita mencintai barang yang kita punya. Kita tak ingin rusak, makanya barang disimpan dengan baik.” Dari mana memulainya? Menurut Ayu, juga Kondo, yang perlu dilakukan pertama kali adalah membatasi jumlah barang yang dibeli. Jika rumah berantakan, berhenti membeli barang. Lihat dulu barang yang sudah ada, kelola.

Dapat dimulai dari barang yang paling menyita rumah Anda (biasanya pakaian), lalu ke bendabenda lain yang ada di rumah. Jangan lupakan benda-benda kecil seperti perkakas karena itulah yang paling sulit ditemukan. Setelah rumah tertata rapi, biasakan untuk menyimpannya kembali ke tempatnya. Menurut Nia Wardhana, psikolog, agar terbiasa mengembalikan barang, yang harus ditanamkan di pikiran adalah setiap barang harus punya “rumah.” Setiap benda butuh tempat untuk menyimpan, baik itu berupa lemari, boks, atau laci.

Karenanya, setiap mengeluarkan barang, maka barang tersebut harus dikembalikan lagi ke tempatnya. Terlihat sepele, namun bisa membuat rumah senantiasa rapi. Mengembalikan gantungan baju ke dalam lemari sama mudahnya dengan meletakkannya di atas tempat tidur, namun hasil yang didapat akan berbeda. Siap untuk mengorganisasi barang-barang Anda?

Setiap rumah yang nyaman dibutuhkan sebuah instalasi genset otomatis sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik dari PLN padam. Harga genset yang murah untuk rumah tangga bisa membeli pada Suplier Distributor resmi genset 100 Kva di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *